Menu Catering Pernikahan Adat Jawa Timur di Surabaya, Simak Yuk!

Banyak kebutuhan yang harus Anda persiapkan saat merencanakan pernikahan, salah satunya adalah memilih menu catering sebagai makanan yang akan disuguhkan bagi para tamu undangan. Meskipun Anda sudah memilih wedding venue Surabaya sebagai lokasi pernikahan dan vendor untuk catering, biasanya urusan pemilihan menu akan dikembalikan lagi para calon pengantin.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengangkat nuansa khas Jawa Timur dalam pernikahan Anda, ada baiknya pula menu makanan catering disesuaikan dengan adat yang diangkat. Lantas, apa saja menu yang bisa Anda jadikan referensi untuk acara pernikahan?

1.      Rawon

Makanan berkuah yang satu ini memiliki ciri khas warna hitam yang gurih dan lezat. Salah satu bumbu dapur yang dipakai hingga menghasilkan kuah hitam adalah kluwek. Kemudian untuk daging sapi biasanya akan dipotong secara tipis dalam bentuk persegi sebagai lauknya. Sangat sedap jika disajikan bersama nasi, sambal, tauge, daun bawang, telur asin, maupun daging empal. Tidak perlu khawatir jika mengundang orang luar negeri karena rawon sudah banyak dikenal dengan sebutan black soup.

2.      Soto Ayam Lamongan

Makanan yang fenomenal di hampir seluruh daerah di Indonesia salah satunya juga jatuh ke soto lamongan sebagai kategori makanan berat. Soto ini menggunakan ayam kampung yang diiris tipis dan memang dikhususkan karena tingkat kerapatan lebih baik ketimbang ayam negeri maupun broiler. Tentunya, Soto Lamongan ini bisa menjadi salah satu menu dalam acara pernikahan Anda. Soto Lamongan juga biasa disantap bersama telur rebus, daun bawang, hingga taburan koya. Tidak jarang, isiannya ditambah irisan tomat untuk menambah kesegaran kuahnya.

3.      Rujak Cingur

Makanan ini jelas berbeda dengan jenis lainnya karena ada tambahan cingur yang menambah kelezatan dan ciri khasnya. Isian dari rujak cingur berupa irisan lontong, tahu, kangkung, mentimun, tempe, kacang panjang, bengkuang, mangga muda, nanas, tauge, hingga kedondong.

Tidak jarang, ada yang menambahkan mie kuning yang sudah direbus. Kemudian untuk bumbuannya diulek menggunakan petis udang yang gurih bercampur dengan bahan bumbu lainnya. Setelah di ulek, bumbu tadi bisa dituangkan di atas isian dan siap disantap bersama kerupuk gurih sesuai keinginan.

4.      Tahu Campur

Merupakan makanan khas yang juga berasal dari Lamongan dengan isiannya daging sapi kenyal yang dipotong-potong, tauge, selada, perkedel singkong, mie kuning, dan disantap bersama kerupuk udang. Bumbunya berbentuk kuah petis udang yang dilengkapi dengan bawang goreng.

Bagi penyuka pedas, tahu campur akan terasa lebih lezat jika dimakan hangat-hangat bersama sambal khusus. Supaya lebih kenyang, sebagian besar memang disajikan memakai lontong. Menu ini bisa sangat dipertimbangkan supaya tamu yang berasal dari luar Jawa Timur mampu mencicipinya.

Menu catering untuk pernikahan adat Jawa Timur di atas menjadi pilihan wajib di hari yang spesial. Bersama YELLO Hotel, Anda bisa menyiapkan menu makanan lezat dengan layanan terbaik di Surabaya. Rayakan setiap momen berharga, sekecil apapun itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *