Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Tidak hanya melezatkan makanan, kunyit ataupun yang sering disebut kunir merupakan rempah yang juga mempunyai beraneka ragam manfaat untuk kesehatan. Anda bisa lebih mengetahui banyak manfaat dari kunyit, karena rempah ini memiliki banyak manfaat untuk mencegah berbagai masalah pencernaan.

Bermacam macam manfaat kunyit untuk kesehatan tidak hanya untuk membantu anda mengatasi permasalahan pencernaan, kunyit nyatanya juga mempunyai manfaat lain yang bisa jadi belum sempat Anda bayangkan tadinya. Mulai dari kurangi peradangan , selanjutnya merupakan manfaat- manfaat yang tercantum di dalam kunyit:

Mengatasi perut kembung

Buang kentut secara teratur memang sudah biasa, namun ketika anda mengalami buang kentut yang terlalu sering itu tandanya ada yang salah dengan perut Anda.

Kurkumin membantu otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancar seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Ekstra kandungan kunyitdapat berperan aktif untuk menghentikan produksi asam lambung yang berlebih.

Mengobati maag

Kunyit sejak dahulu terkenal digunakan banyak orang sebagai obat gangguan pencernaan alami. Begitupun ketika mag anda kambuh, anda bisa menggunakan kunyit sebagai campuran teh panas kemudian meminumnya selagi hangat.

Maag menyerang dikarenakan beberapa penyebab, yaitu infeksi lambung oleh kuman H. pylori, mengkonsumsi obat anti nyeri dalam jangka waktu yang lama, toksin rokok, alkohol, serta beberapa makanan yang ekstreem. Hal inilah yang menyebabkan keadaan lambung menjadi parah akibat infeksi yang semakin tidak terkendali.

Nah, riset dari jurnal Pharmacognosy Reviews mengamati manfaat dari kunyit yang berguna untuk manangani peradangan yang disebabkan karena organ pencernaan yang menghasilkan asam lambung yang terlampau tinggi.

Tidak hanya itu, kunyit juga dapat membantu mengurangi tingkat kambuhnya pertanda maag. Karena kandungan kurkumin dalam kunyit juga bertugas mengatur penciptaan asam serta empedu berlebih.

Meredakan nyeri haid

Wanita Indonesia sudah pasti berteman dengan jamu kunir asam yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri datang bulan( PMS). Nyatanya, manfaat ini bukan hanya semata- mata nasehat peninggalan nenek moyang saja, loh!

Kandungan kurkumin yang ada pada kunyit mempunyai manfaat pereda nyeri natural (analgesik) yang bertugas melemaskan kontraksi rahim dan pemicu kram otot. Tidak hanya itu, kurkumin juga mengurangi gerakan masuknya ion kalsium pada sel- sel epitel rahim serta mengurangi adanya prostaglandin, hormon yang menghasilkan rasa sakit serta peradangan.

Manfaat kunyit ini terus diperkuat oleh akibat dari senyawa antioksidan tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, serta phlobotamin dari asam jawa yang dapat meredakan kontraksi rahim.

Menurunkan berat badan

Kurkumin yang ada pada kunyit berperan menekan reaksi peradangan pada sel tubuh, temasuk sel kelenjar yang ada di perut, lemak, serta otot. Hal ini dapat membantu anda mengurangi resistensi insulin, menurunkan kandungan gula darah, serta kolesterol dan kendala metabolik yang lain dampak berat tubuh berlebih.

Tetapi, lagi- lagi manfaat kunyit ini dapat Anda dapat bila mengombinasikannya dengan asam jawa. Kunyit memang susah diserap oleh darah, namun kandungan kunyit dapat langsung dirasakan oleh tubuh melalui sistem pencernaan.

Dalam jangka panjang, sering minum jamu kunyit asam dapat membuat tubuh menjadi ramping lebih cepat. Anda juga tidak harus susah susah untuk diet ekstrim yang membahayakan tubuh. Namun tubuh yang ideal dapat anda miliki dengan rajin mengonsumsi jamu kunyit.

Itu tadi uraian tentang manfaat kunyit bagi kesehatan, khususnya untuk pencernaan. Selalu jaga kesehatan anda dimanapun dan kapanpun, karena tubuh yang sehat dapat menangkal segala macam virus dan radikal bebas.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *